FAQ KGSP Part 1

Halo,

Kali ini saya akan menjabarkan mengenai FAQ KGSP yang telah ditanyakan oleh teman-teman semuanya. Karena mostly orang Indonesia, jadi postingan ini akan menggunakan bahasa Indonesia. Saya akan jabarkan dalam bentuk poin-poin sehingga lebih mudah dibaca 🙂

  1. Q: Bagaimana cara mendaftar KGSP Graduate?

A: KGSP ada dua track/jalur, pertama Embassy, kedua via University. Untuk Embassy, silakan buka website embassy Korea Selatan di Indonesia, dan klik bagian Pengumuman Kedubes. Kalau pendaftaran via embassy sudah dibuka, akan ada pengumuman disitu. Untuk melihat guideline tahun lalu, silakan cari post nomer 231 dengan judul: 2016 KGSP-Graduate Degree Scholarship.

Link: http://idn.mofa.go.kr/worldlanguage/asia/idn/mission/notice/index.jsp

Ada juga yang prefer untuk buka via www.studyinkorea.go.kr dan buka bagian Scholarship >> KGSP. Infonya cukup jelas juga disitu. Tapi jika bukan periode pendaftaran, maka tidak ada link yang bisa diakses untuk download guidelines.

Link: http://studyinkorea.go.kr/en/sub/gks/allnew_invite.do

2. Q: Apakah sertifikat bahasa itu penting?

A: Pertanyaan tricky, tapi jawabannya sertifikat bahasa itu: penting nggak penting. Karena memang saat saya apply, tidak dipersyaratkan untuk mencantumkan sertifikat bahasa. Namun memang menurut saya, bisa jadi nilai tambah, jadi kalau kalian sudah punya, kirimkan saja. 🙂

Saya pribadi akan mencantumkan karena itu merupakan bukti tingkat kemampuan bahasa Inggris/Korea kita. Karena tahap embassy persaingannya lumayan ketat, jadi sewajarnya penyeleksi akan memilih berdasarkan dokumen yang diinput, semakin baik akan semakin besar chance untuk ke tahap interview.

3. Q: Seberapa besar peluang saya diterima?

A: Pertanyaan tersulit, saya tidak akan pernah bisa menjawab karena hanya kalian sendiri yang tahu 🙂

Saat saya apply pun, saya tidak ada bayangan sama sekali akan diterima atau tidak, karena saya tidak tahu kualifikasi saingan saat itu seperti apa. Daripada berpikir mengenai peluang, lebih baik mempersiapkan yang terbaik. Jangan berpikir kegagalan saat belum berperang. 🙂

4. Q: Dokumennya kalau bahasa Indonesia bagaimana mengurusnya?

A: Ini paling sering ditanyakan, hehe. Jadi untuk dokumen, pada intinya semua harus bahasa inggris/korea dan wajib disahkan oleh notaris. Jadi kriterianya begini:

  • Dokumen bahasa Indonesia: silakan translate dulu ke institusi yang bersangkutan (Univ atau Capil). Jika institusi tersebut tidak menyediakan jasa translate, silakan dibawa ke sworn translator. Setelah ditranslate oleh penerjemah tersumpah, dokumen difotokopi dan disahkan oleh notaris.
  • Dokumen sudah bahasa Inggris atau Korea: Cukup difotokopi dan dibawa ke notaris untuk disahkan.

5. Q: Jurusan ABC bagusnya di Universitas mana ya?

A: Silakan buka website-website yang menawarkan ranking universitas dari seluruh dunia. Lalu pilih major yang kalian inginkan, dan filter/saring untuk negara korea saja. Setelah itu, silakan buka masing-masing web universitas yang kalian inginkan, dan coba bandingkan topik risetnya dan dosen pembimbing penelitian. Biasanya untuk mahasiswa S2, mereka lebih mementingkan topik riset/supervisor daripada hanya berdasar ranking universitas.

Itu adalah part 1 untuk FAQ KGSP. Kalau ada yang ingin ditanyakan, silakan komen dibawah ya. Selamat berjuang, scholarship hunter! 🙂

 

Recent Posts

innayk Written by: